Contoh Silabus Pembelajaran PAI
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Nama Sekolah : SMA / MA ………………..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester : X / 1
Aspek : Akhlak
Standar Kometensi : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Wkt
|
Sumber Belajar
|
1. Menyebut-kan pengertian perilaku husnuzhan
|
Husnuzhan:
§ - Pengertian Perilaku
Husnuzhan
|
§ Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan
|
§ Mendiskusikan pengertian perilaku husnu zhan.
§ Mengidentifikasi
prilaku-prilaku yang berkaitan dengan husnuzhan.
|
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap diri
sendiri.
§ Mampu menyebutkan pengertian husnuzhan terhadap sesama
manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan harian
Bentuk instrumen:
Uraian bebas
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk SMA Kelas X, Edisi
KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga, 2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
2. Menyebut-kan contoh-contoh
perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia
|
Husnuzhan:
§ Contoh perilaku husnuzhan terhadap Allah, diri sendiri
dan sesama manusia.
|
§ Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mendiskusikan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
§ Mendiskusikan
contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
|
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap Allah
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap diri
sendiri.
§ Mampu menyebutkan contoh husnuzhan terhadap sesama
manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
3. Membiasa-kan perilaku husnuzhan dalam kehidupan sehari-hari
|
Husnu zhan :
§ Perilaku Husnu zhan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
§ Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
§ Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§ Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah,
bertekad, enerjik).
§ Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§ Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnu dzan terhadap Allah.
§ Mempraktikkan contoh-contoh perilaku husnuzhan terhadap
diri sendiri.
§ Mempraktikkan
contoh-contoh perilaku terhadap sesama manusia.
|
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap Allah
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap diri sendiri.
§ Menunjukkan sikap husnu zhan terhadap sesama manusia.
|
Jenis Tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Bentuk instrumen:
Lembar
pengamatan
|
2 jam
|
§ Al-Qur’an dan terjemah.
§ Buku PAI untuk
SMA Kelas X, Edisi KTSP/Standar Isi 2006, Syamsuri, Penerbit Erlangga,
2007, Hlm. 45-56.
§ Buku2 yg relevan.
|
Comments
Post a Comment
Sebelum Berkomentar, mohon di perhatikan !!!
1. Berkomentarlah sesuai dengan isi Artikel atau Tugas yang di bahas
2. Silahkan berikan kritik dan saran Anda
3. Mohon tidak menggunakan Anonymous dan Link aktif.